Rabu, 02 November 2011

PUBERTAS


PUBERTAS
JALAN BERLIKU MENUJU  MASA REMAJA
Oleh. Juriadi, S.Pd
(Dikutip dari Elizabeth Hurlock, 1997[1])


Pubertas adalah  periode dalam  rentang perkembangan ketika anak-anak berubah dari makhluk aseksual menjadi  makhluk seksual.
“Masa puber adalah suatu tahap dalam perkembangan dimana terjadi kematangan alat-alat seksual dan tercapai kemampuan  reproduksi. Tahap ini disertai dengan  dengan perubahan-perubahan dalam pertumbuhan somatis dan perspektif psikologis”[2]

Kata “Pubertas”  berasal dari kata Latin  yang berarti “usia kedewasaan”. Kata ini lebih menunjuk  pada perubahan fisik daripada perubahan  perilakuyang terjadi pada saat  individu secara seksual  menajdi  matang dan mampu  memberikan keturunan.  Aristoteles menulis dalam Historia Animalium :
Sebagian besar pria  mulai memproduksi  sperma setelah  usia 14 tahun. Pada saat yang sama rambut kemaluan mulai tumbuh…… Pada saat  yang sama payudara wanita  mulai membesar  dan haid mulai  mengalir, cairan haid menyerupai darah segar…… Pada umumnya haid terjadi  bilaman  payudara sudah tumbuh  setinggi dua jari.

Yang lebih penting adalah penekanan Aristoteles  pada perubahan-perubahan  perilaku. Ia mengatakan  bahwa anak perempuan yang sedang puber  mudah marah, penuh gairah, sangat rajin, dan selalu memerlukan  pengawasan karena berkembangnya dorongan-dorongan seksual.

Pada masa ini sangat diperlukan  pemahaman dan pengetahuan orang tua akan  harapan-harapan anak-anak yang memasuki masa metamorfosis ini.  Anak-anak juga harus diberi pemahaman  agar mereka sadar bahwa mereka  sedang memasuki tahap baru dalam kehidupan, dan seperti halnya  dalam semua penyesuaian  diri dengan  harapan sosial  yang baru, sebagian besar menganggap  masa puber sebagai periode sulit  dalam kehidupan mereka.

CIRI-CIRI MASA PUBER
Masa puber adalah periode  yang unik dan khusus yang ditandai oleh perubahan-perubahan perkembangan tertentu yang tidak  terjadi dalam tahap-tahap lain dalam rentang kehidupan. Yang terpenting  diantaranya dibaha berikut ini :
                                                                                                              Bersambung....................
[1]Hurlock, Elizabeth, Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Spanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Penerbit Erlangga, 1997
[2]Loc cit, hal.184

Tidak ada komentar:

Posting Komentar