Rabu, 02 November 2011

Visi Misi

TUJUAN, VISI, DAN MISI SDN KELAPA DUA 2

A.    TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Tujuan tingkat pendidikan satuan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan pengetajuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Untuk mencapai tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dituntut peran guru dalam proses pembelajaran agar siswa memiliki keseimbangan antara kognitif, afektif dan psikomotorik.
Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat dan globalisasi yang semakin merambah ke desa-desa. Kondisi peserta didik yang belum bisa menyesuaikan dengan adanya perubahan-perubahan ini menjadi penyebab terganggunya proses belajar mengajar. Peserta didik lebih banyak melihat permainan tekhnologi daripada belajar. Apalagi dari orang tua yang kurang memperhatikan karena bekerja sampai larut, dituntut kebutuhan yang semakin meningkat, serta ketidaktahuan orang tua dalam materi pembelajaran yang selalu berganti.
Peran guru dalam menyediakan dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna sangat di butuhkan peserta didik, guru yang dapat memberikan pembelajaran dengan berbagai cara agar peserta didik dapat memahami pembelajaran lebih lama akan meningkatkan hasil belajar siswa.




B.     VISI
Terbentuknya peserta didik yang berkarakter, cerdas, terampil, dan berprestasi dalam IPTEK yang berdasarkan Iman dan Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa


C.    MISI
1.      Melaksanakan pembelajaran yang aktif, efektif, serta menyenangkan.
2.      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara berdaya guna sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
3.      Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa, sehingga menjadi sumber karakter dan bermoral dalam bertindak.
4.      Menerapkan manajemen partisifatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan komite sekolah. 
5.      Menjalin kerjasama yang baik dilingkungan sekolah  dan masyarakat dalam bentuk peringatan hari-hari besar keagamaan dan nasional

D.    TUJUAN SEKOLAH
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
      Merujuk pada tujuan pendidikan dasar tersebut, maka tujuan Sekolah Dasar Negeri Kelapadua II, adalah sebagai berikut :
1.      Meraih prestasi pendidikan agama minimal tingkat Kabupaten;
2.      Dapat mengamalkan ajaran agama dari hasil proses pembelajaran dan kegiatan   pembiasaan;
3.      Membiasakan berperilaku yang terpuji/akhlaqul karimah, dalam pergaulan sehari-hari;
4.      Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk      melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
5.      Terampil berfikir rasional dan obyektif;
6.      Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar;
7.       Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar